Jumat, 21 Januari 2011

IFA U-14 Rebut Piala Menpora

Jakarta (ANTARA) - Kesebelasan Indonesia Football Academy (IFA) merebut gelar juara turnamen sepak bola U-14 Piala bergilir Menpora setelah di final mengalahkan tim Yamaha Selection 1-0 di stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta, Jumat sore.
Sementara tim Maluku Utara merebut posisi ketiga setelah menundukkan AS-IOP Apac Inti 2-1.
Tim Maluku Utara pun sukses meraih penghargaan individu yakni Mahdi Albar merebut pencetak gol terbanyak dengan 13 gol dan Surahman Salim sebagai pemain terbaik.
Pada partai final ini, tim IFA yang ditangani pelatih kepala IFA Kevin Kent ini mendominasi permainan. Banyak peluang yang tercipta cukup merepotkan barisan pertanahan Yamaha.
Gol satu-satunya kemenangan terjadi di menit ke-25, Ichsan Hari Kurniawan berhasil membobol gawang Yamaha Selection yang dikawal Andy Prayoga. Skor 1-0 hingga babak pertama berakhir.
IFA kembali menguasai jalannya pertandingan. Sedangkan, Yamaha Selection yang mencoba mengejar ketertinggalannya justru banyak melakukan kesalahan sendiri.
IFA hampir mempersebar gol lewat satu tendangan penalti. Pelanggaran keras dilakukan Imam Gazali Rustam kepada Indra Kelana Nasution. Wasit pun mengusir Iman setelah mendapat kartu kuning kedua.
Selanjutnya, pemain IFA Bagas Adi Nugroho gagal melakukan tendangan penalti. Tendangannya masih melebar dari gawang Yamaha.
Tim Yamaha tak mampu menyamakan kedudukan apalagi bermain dengan 10 pemain.
Pelatih IFa Kevin cukup senang dengan kemenangan timnya. "Ini merupakan hasil kerja sama tim," katanya. Tapi ia menyayangkan lapangan becek tak berkubang sehingga tidak layak untuk mengembangkan permainan.
Sementara itu Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharam, kepada wartawan usai pertandingan mengatakan event ini akan berlanjut setiap tahunnya yang mempertemukan juara-juara kelompok umur.
Kemenpora akan berencana untuk melibatkan kelompok umur lainnya seperti untuk pemain-pemain U-16 maupun U-18.
"Pertandingan juga tidak akan digelar di Jakarta lagi. Tahun depan turnamen ini kemungkinan besar akan digelar di Hambalang, Bogor. Saat ini sedang membangun pusat pelatihan di sana," kata Wafid.
Sebagai Juara IFA berhak atas uang pembinaan sebesar Rp50 juta. Sedangkan Yamaha Selection yang tampil sebagai runner up mendapat uang pembinaan sebesar Rp35 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar