Selasa, 26 Oktober 2010

Seleksi Uruguay Project 2011 Dimulai

Badan Pembinaan dan Pengembangan Pemain Usia Muda (BPPUM) PSSI mulai melakukan pemantauan dan seleksi pemain untuk program Uruguay Project 2011. Bekerjasama dengan Pengprov PSSI didaerah, tim pemantau dari BPPUM akan melakukan road show ke daerah – daerah di Indonesia mulai tanggal 26 Oktober ini. 

Tim pemantau BPPUM terdiri dari Direktur Teknik PSSI Sutan Harharah, Manajer Pemandu Bakat Usia Muda Yeyen Tumena, dan asisten pelatih SAD Indonesia Wilson Espina (Uruguay). Kota pertama yang disinggahi oleh mereka adalah Malang, berlanjut ke wilayah Sumatera, Ambon, Semarang, Yogyakarta dan daerah lainnya. 

“ Kami akan memantau dan menyeleksi pemain kelahiran tahun 1994 dan 1995 untuk membentuk tim baru yang akan ikut Uruguay Project 2011. Selain itu, kami juga mencari pemain kelahiran 1993 untuk mengganti pemain yang terdegradasi dari tim SAD Indonesia yang saat ini berada di Uruguay,” kata Ketua BPPUM, Rahim Soekasah, dalam keterangan persnya. 

Sutan Harharah dkk akan melakukan pemantauan ini hingga akhir Desember 2010. Pada tanggal 16 November, rencananya pelatih kepala SAD Indonesia, Cesar Payovich Perez, akan datang ke Jakarta untuk bergabung dengan tim pemantau yang lebih awal melakukan pemantauan. Kedatangan Cesar sendiri bersamaan dengan Tim SAD Indonesia yang pulang ke tanah air setelah berkompetisi di Liga Uruguay U19 musim 2010. 

Proses pemantauan pemain ini dibagi dalam 3 (tiga) tahapan. Pertama, tahapan praseleksi yang dilaksanakan oleh Pengprov PSSI untuk menjaring maksimal 66 pemain. Kedua, Seleksi lanuutan yang dilakukan oleh tim pemantau dari BPPUM. Terakhir, hasil dari seleksi lanjutan tersebut akan dipilih lagi untuk mengikuti Seleksi Tingkat Nasional. 

“ Beberapa kriteria pemain yang diharapkan mengikuti seleksi adalah yang mempunyai daya tahan, power, dan kecepatan yang tinggi serta karekteristik pemain yang mempunyai Teknik, Bakat, daya juang, dan perilaku positif. Selain itu Tinggi badan Penjaga gawang minimal 175 cm dan pemain lainnya minimal 170 cm,” papar Rahim. 

Karena, pemantauan ini dilaksanakan atas kerjasama Pengprov PSSI masing-masing daerah dan tim pemantau dari BPPUM-PSSI, diharapkan seluruh potensi pemain muda yang ada di daerah dapat ikut serta dalam seleksi ini. Khusus untuk seleksi tingkat nasional, mereka yang lolos dari daerah akan bersaing juga dengan 22 pemain timnas U16 yang saat ini mengikuti puataran final AFC U16 Championship 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar