Rabu, 18 Agustus 2010

Timnas U-16 Agendakan Dua Kali Uji Coba

Tim Nasional U-16 Indonesia pekan ini menjalani dua kali uji coba lagi dalam persiapannya menghadapi AFF U-16 Championship medio September mendatang di Solo, Jateng. Rabu (18/8) sore ini, timnas U-16 yang ditangani pelatih Mundari Karya akan dijajal salah satu tim tangguh dari Jakarta Timur, Urakan FC. Dan Sabtu (21/8), mereka kembali akan diuji oleh Villa 2000, lawan tangguh dari kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Dua laga persahabatan dengan tim lokal ini akan dilangsungkan di base camp mereka, kompleks olahraga Sawangan, pada sore hari. Anak-anak timnas U-16 sejauh ini sudah 10 kali menjalani uji-tanding dengan tim-tim lokal di kawasan Jakarta, Sukabumi dan Bandung, termasuk dengan Villa 2000 yang berakhir imbang, 1-1. Akan tetapi, yang masih dalam penantian Mundari Karya dan jajaran asistennya adalah kepastian melakoni pertandingan dengan tim manca negara. Mundari Karya menegaskan kembali bahwa timnya memerlukan minimal dua friendly-game dengan tim luar negeri sebelum tampil di AFF U-16 Championship, Solo.

"Idealnya memang anak-anak bisa memperoleh kesempatan bertanding dengan tim mancanegara sebelum terjun di AFF Championship di Solo," jelas Mundari Karya, Rabu pagi di Sawangan, Bogor.

Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM) PSSI sudah merancang dua laga persahabatan di luar negeri bagi timnas U16 ini, setidaknya memang sebelum AFF Championship digelar, 20-26 September di Stadion Manahan, Solo.

AFF U-16 Championship diikuti empat tim, yakni tuan rumah Indonesia, Vietnam, Timor Leste dan tim tangguh Cina. Tim negeri Tirai Bambu memang tidak termasuk anggota AFF. Tetapi, AFF sendiri memperkenankan keikutsertaan tim tamu untuk mengikuti kejuaraan ini, khususnya tim yang menjadikan even ini sebagai pemanasan untuk mengikuti Kejuaraan U16 AFC pada Oktober di Tashkent, Uzbekistan.

Hebatnya, keempat tim peserta AFF U-16 Championship ini sama-sama beruntung lolos ke putaran-final AFC U-16 Championship di Tashkent, Uzbekistan itu.

Pada AFC U-16 Championship yang dilangsungkan 23 Oktober hingga 7 November 2010 itu, timnas U16 Indonesia bergabung di penyisihan grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Tajikistan dan Yordania. Sementara itu, Vietnam dan Timor Leste sama-sama bergabung di penyisihan grup C, sedangkan China di penyisihan grup D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar