Selasa, 10 Agustus 2010

Tim nas U-16 di tantang Persikab U-19

Timnas U-16 Indonesia Selasa (10/8) sore ini melakukan tanding persahabatan dengan tim Persikab U-19 Kabupaten Bandung, di Stadion Jatinangor, Sumedang. Ini adalah uji coba ke-9 yang dijalani timnas U-16 dalam kurun waktu sebulan terakhir. Setelah uji coba ini, para pemain akan diliburkan selama dua hari, untuk menghormati awal bulan Ramadhan.

Yang istimewa, saat bergabung kembali di base camp Sawangan, perbatasan Depok, timnas U-16 kemungkinan akan diperkuat dua wajah baru. Ihwal terbukanya kesempatan untuk dua pendatang baru di timnas U-16 ini disampaikan langsung oleh pelatih kepala Mundari Karya, Selasa (10/8) siang.

Mundari Karya memastikan bahwa ujicoba melawan tim Persikab U-19 sekaligus dimanfaatkan untuk seleksi akhir pembentukan 25 pemain. Saat ini Mundari Karya memiliki 27 pemain, termasuk dua pemain tambahan dari hasil seleksi bakat Liga Pendidian Indonesia (LPI) di base camp PT Bukit Asam, Muara Enim, Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Kedua pemain hasil rekrutmen dari LIPIO Camp LPI ini adalah Robi Ahmad Fauzi, siswa SMPN 51 Bandung dan Kamarudin Lessy, dari MTsN Tulehu, Maluku Tengah. Kedua pemain belakang rekrutmen LPI ini menjadi calon pengganti dari dua pemain timnas U-16 yang sudah ditangani Mundari Karya selama ini.

Dari delapan kali uji coba yang dilakukan selama ini, timnas U-16 belum pernah mengalami kekalahan. Timnya Mundari Karya berturut-turut mencatat kemenangan 2-1 atas tim yunior Bogor, 3-0 atas tim Pelita Jaya yunior, bermain imbang 1-1 dengan tim yunior Villa 2000 Pamulang, seri lagi 1-1 dengan tim Diklat Ragunan di lapangan C Senayan, kembali tampil mengesankan dengan memukul tim yunior Uni Bandung 4-0 di Sawangan, menang telak 7-1 atas tim Indonesia Football Academy (IFA) di Sawangan, dan terakhir menang 2-0 atas tim Divisi III Pemkab Sukabumi, di Sukabumi.

Mundari Karya menangani timnas U16 yang dipersiapkan ke AFF U16 di Solo pada medio September dan AFC U16 di Tashkent pada medio Oktober ini dengan dibantu beberapa sosok yang peranannya tidak kecil dalam membesarkan hati dan semangat para pemain. Mereka adalah, dr. Irwansyah, mantan pemain Persib Bandung Sukowiyono yang dipercaya untuk mengangani peningkatan fisik para pemain, serta mantan pelatih tim U21 Pelita Jaya Gatot Prasetyo yang khusus mengangani kiper.

Mundari Karya amat mengharapkan timnas U-16 bisa melakoni dua atau tiga uji tanding internasional sebelum tampil di AFF U16 di Solo, atau bertolak ke Tashkent, Uzbekistan.

"Sulit dong kita mencari lawan-lawan lokal saat bulan puasa ini. Anak-anak saya hari Jumat nanti sudah mulai berlatih lagi di Sawangan," jelas Mundari Karya.

Ketua Badan Pembinaan dan Pengembvangan Usia Muda (BPPUM) PSSI Rahim Soekasah, menurut Mundari Karya, masih mengusahakan kemungkinan timnas U16 ini bisa menjalani ujicoba ke Australia atau Malaysia.

"Saya mengharapkan anak-anak minimal bisa dua kali melakoni tanding internasional, bisa tiga tentunya lebih bagus lagi," tegas Mundari Karya.

Manajer timnas U-16 Indonesia saat ini dipercayakan kepada Taufik Dwicahyono, sementara asistennya Ronny Iswandi.(adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar