Sabtu, 21 Agustus 2010

Tim Nas U-16 Akan Uji Coba Ke Malaysia

Timnas U-16 Indonesia dipastikan menjalani dua kali pertandingan persahabatan dengan tim negeri jiran, Malaysia. Uji coba ke Malaysia ini akan dilakukan awal September mendatang, dua pekan menjelang penampilan mereka di AFF U-16 Championship di Solo, Jateng, pada 20-28 September.

Direktur Teknik PSSI Sutan Harharah dan pelatih kepala timnas U-16 Indonesia Mundari Karya, sama-sama mengabarkan perihal kepastian try-out ke Malaysia itu, Sabtu (21/8) sore, seusai mendampingi para pemain timnas U-16 beruji-coba dengan tim Villa 2000 di Sawangan.

"Saya sudah mendapat kepastian dari pak Nugraha Besoes dan juga BPPUM kalau tim ini memperoleh kesempatan bertanding di Malaysia," kata Sutan Harharah, yang selaku Direktur Teknik tugasnya memang lebih melekat ke BPPUM, memberi supervisi bagi tim-tim usia muda yang diproyeksikan untuk masa depan.

"Sejak awal saya memang mengharapkan anak-anak ini bisa mendapat kesempatan berharga seperti itu, minimal dua kali bertanding dengan tim luar negeri. Hal ini bisa meningkatkan kualitas mental mereka," ujar Mundari Karya.

Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM) PSSI Rahim Soekasah, serta Sekretaris BPPUM Chandra Solehan, selama ini memang terus mencoba mengakomodir harapan Mundari Karya agar timnya bisa menjalani tanding persahabatan dengan tim mancanegara. Kepastian bertanding dengan dua tim Malaysia diperoleh setelah Sekjen PSSI Nugraha Besoes melalukan pendekatan serius dengan pihak FAM, Federasi Sepakbola Malaysia.

Dua lawan yang akan dihadapi di negeri jiran masih belum diketahui, tetapi kemungkinan timnas yunior Malaysia.

"Saya minta ke pak Nugraha agar kalau bisa lawannya adalah timnas dari kelompok umur U-17 atau U-19 sehingga kita bisa melihat para pemain kita lebih bekerja keras," jelas Sutan Harharah.

Menurut rencana, lawatan ke negeri jiran akan dilakukan tanggal 2 September. Dua pertandingannya, dilakukan tanggal 4 dan 6 September.

Menjelang keberangkatan ke Malaysia, Mundari Karya akan melakukan penciutan pemain di timnya, dari 25 menjadi 23 pemain saja.

"Memang lebih afdol kalau ke Malaysia timnas sudah bermaterikan 23 pemain yang akan didaftarkan ke AFF U-16 Championship di Solo," kata Sutan Harharah.

Dari diskusi dan supervisi yang diberikan Sutan Harharah kepada Mundari Karya, sekembali dari Malaysia timnas U-16 sudah harus memusatkan perhatiannya untuk menghadapi AFF U-16 Championship di Solo itu.

"Sepulang dari Malaysia para pemain akan kita kembalikan ke daerahnya masing-masing, untuk berkumpul dan merayakan Lebaran bersama keluarganya. Libur Lebaran ini mungkin hanya tiga atau empat hari. Setelah itu, mereka harus kembali berkumpul bersama tim. Tidak di Sawangan lagi, tetapi langsung di Solo," ungkap Sutan Harharah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar