Kamis, 14 Oktober 2010

LPI Rampungkan Sosialisasi Di 33 Provinsi

Musim kedua Liga Pendidikan Indonesia (LPI) diprediksi bakal berlangsung lebih meriah dari tahun pertamanya. Antusiasme calon peserta dari tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia pun cukup besar. Hal itu dapat terlihat dari program sosialisasi kepada 28 provinsi yang dilakukan panitia nasional LPI dibantu oleh Departemen Pendidikan Nasional, 20 September – 4 Oktober 2010. 

“ Selama dua minggu kita telah melakukan sosialisasi program LPI ini kepada perwakilan 33 provinsi di tanah air. Respon mereka sangat bagus dan memiliki komitmen untuk berpartisipasi dalam Liga Pendidikan Indonesia 2010/2011,” kata Toho Cholik Mutohir, Ketua panitia nasional LPI. 

Lebih lanjut, Toho Cholik memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan Nasional. Merekalah yang aktif mendorong sekolah – sekolah di daerah untuk mendaftar ikut LPI. Bahkan, sosialisasi tersebut juga merupakan upaya aktif dari Dikdasmen yang dilakukan di 28 provinsi. 

Program sosialisasi di 28 provinsi ini diselenggarakan oleh dikdasmen di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) masing – masing provinsi. Beberapa provinsi digabung menjadi satu dalam pertemuan ini, seperti Provinsi Gorontalo yang ikut sosialisasi di Manado. Sehingga, meski dilakukan di 28 provinsi, sosialisasi ini dapat diberikan kepada 33 provinsi. Sedangkan pihak yang diundang adalah kepala bidang yang menangani olahraga kependidikan di dinas pendidikan kota/kabupaten. 

“ Kami dari panitia nasional hanya bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi ini. Sedangkan hal lainnya diurus semua oleh dinas pendidikan nasional. Dengan begitu, kami sangat yakin sosialisasi ini akan menyentuh hingga seluruh daerah,” ungkap Toho. 

Sosialisasi tersebut memiliki dua agenda utama, yakni penjelasan program LPI secara menyeluruh serta workshop penggunaan Sistem Informasi LPI. Dalam program LPI dijelaskan beberapa hal penting seperti dasar hukum adanya LPI, sumber pendanaan, panduan membentuk panpel pertandingan hingga syarat kepesertaan. Sistem Informasi LPI sendiri adalah perangkat canggih untuk menunjang sirkulasi data menjadi lebih cepat dan rapi. 

Usai dilakukan sosialisasi ini, panitia nasional LPI berharap seluruh daerah bisa bergerak cepat mempersiapkan kompetisi tingkat kabupaten. Putaran kapupaten ini akan diselenggarakan dengan batas waktu terakhir tanggal 30 April 2011. Setelah itu, putaran provinsi akan segera bergulir pada tanggal 1 – 30 Mei 201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar