Sabtu, 19 Mei 2012

Ketum PSSI Buka Kompetisi Piala Aqua Danone di Aceh

BANDA ACEH: Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin membuka babak kualifikasi lokal Aqua Danone Nations Cup 2012 untuk wilayah Aceh di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu 19 Mei 2012. 

Kompetisi ini diikuti 72 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) dari 15 kabupaten dan kota di seluruh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 

Djohar datang ke stadion didampingi Ketua Umum PSSI Pengprov Aceh Zainuddin Hamid yang populer dipanggil Let Bugeh, dan perwakilan Danone, M Rusli. 

PSSI, kata Djohar dalam sambutannya, sangat memperhatikan pembinaan sepak bola usia dini. Setiap kejuaraan yang melibatkan anak-anak di bawah usia 12 tahun, ujarnya, mendapat kontribusi besar dari PSSI. 

Djohar juga mengatakan sepak bola Indonesia akan kuat jika pembinaan usia dini berjalan dengan baik dan benar. 

Sejak memimpin PSSI, Djohar telah mengundang banyak instruktur dari Belanda untuk melatih pemain usia dini. "Nanti, instruktur dari Belanda akan datang ke daerah-daerah untuk langsung memantau dan mencari bibit-bibit muda," ujar pebola yang memulai karirnya sebagai pemain PS. Langkat ini. 

Menurut Djohar, pelatih usia dini berbeda dengan pelatih pemain junior atau senior. "Pelatih usia 10-12 tahun harus mempunyai kemampuan bagaimana 'mencungkil' bakat yang dimiliki anak-anak." 

Djohar mencontohkan pemain dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang tumbuh dan berkembang dimulai sejak usia dini, maju karena ditangani pelatih yang benar sejak dini. 

Di Aceh, Djohar yakin, melalui kejuaraan seperti Aqua Danone itu akan muncul pemain berbakat yang nantinya bisa menjadi pemain nasional dan internasional. "Itu bisa terjadi kalau pembinaan berjenjang dilakukan di setiap daerah, sehingga sangat rugi jika pemain yang berpotensi tidak muncul. Karenanya, wadahnya seperti kejuaraan Aqua Danone ini sangat bagus," kata Djohar seperti banyak dikutip koran-koran lokal di Aceh. 

PSSI memiliki program pengembangan sepak bola berjenjang, mulai U-12, U-14, U-18, U-22, dan tim senior. Semua tim itu itu kini sedang menjalani pemusatan latihan untuk mengikuti kejuaraan internasional. 

Kejuaraan ini, menurut Djohar, sesuai dengan program PSSI untuk pembinaan berjenjang yang dimulai sejak usia dini. 

Djohar mengatakan, PSSI memiliki program pengembangan sepak bola berjenjang, mulai U-12, U-14, U-18, U-22, dan tim senior, yang kesemuanya itu kini sedang menjalani pemusatan latihan untuk mengikuti kejuaraan internasional. 

Menurutnya, adanya pembinaan usia dini di setiap daerah, akan menghasilkan output terutama, munculnya pemain-pemain berkualitas yang kelak bisa masuk skuad timnas Indonesia. 

"Itu bisa terjadi kalau pembinaan berjenjang dilakukan di setiap daerah, sehingga sangat rugi jika pemain yang berpotensi tidak muncul. Karenanya, wadahnya seperti kejuaraan Aqua Danone ini sangat bagus," pungkas Djohar. 

Perwakilan Danone M Rusli menyatakan, Aqua Danone Nations Cup 2012 yang merupakan kegiatan tahun ke-10 ini akan memilih satu tim terbaik yang akan mewakili Aceh di tingkat nasional pada pertengahan Juni mendatang. Sedangkan juara di tingkat nasional akan bertanding ke Warsawa, Polandia. 

Setelah menggelar babak kualifikasi lokal Aqua Danone Nations Cup di delapan kota, kini giliran kota Banda Aceh kembali menjadi tuan rumah ajang kualifikasi lokal. 

Event tersebut berlangsung selama dua hari sejak 19-20 Mei 2012. 

Kehadiran Ketum PSSi sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Aceh. 

Kecuali membuka Piala Danone Aceh pada pagi tadi, agenda lain Johar selama di Kutaraja adalah melantik Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kota Banda Aceh yang dilanjutkan temu ramah dengan tokoh sepakbola Aceh di Hotel Regina pada Jumat malam (18/5) . 

Djohar juga meletakkan batu pertama pembangunan gedung PSSI Aceh yang terletak di samping lapangan sintetis Komplek Stadion Harapan Bangsa. Seremoni peletakan batu pertama ini dilakukan usai pembukaan Piala Danone. 



Suumber: http://pssi-football.com/id/view_news.php?page=news&id=19234&&d88f4e764064d9aa746fa9a78b235182

Tidak ada komentar:

Posting Komentar