Minggu, 07 November 2010

Korea Utara Merajai Sepakbola Asia

Peta sepakbola asia mulai sedikit berubah. Korea Utara kini muncul sebagai kekuatan sangat dahsyat di semua level timnas. Timnas senior lolos ke Piala Dunia 2010 dan juara AFC Challenger Cup 2010, Timnas U19 juara AFC U19 Championship 2010 dan Timnas U16 juara AFC U16 Championship 2010 yang baru berakhir di Uzbekistan.

Gelar juara AFC U16 Championship2010 diperoleh usai tim asuhan pelatih Ri Song Ho ini mengalahkan tuan rumah Uzbekistan dengan skor 2-0 di Stadion Pakhtakor, Tashkent, Minggu (7/11). Dua gol kemenangan Korea Utara diciptakan oleh Ri Kwang Il (75) dan Jo Kwang (80).

Prestasi Korea Utara ini cukup mengesankan. Sempat tertahan di laga perdana saat ditahan imbang 1-1 oleh Syria, Jo Kwang dkk meraih hasil sempurna di semua laga berikutnya hingga ke laga final. Mereka menyingkirkan Yordania 4-0 di perempat final, dan membungkam Jepang 2-1 di semi final.

“ Anggota timnas U16 dan masyarakat Korea Utara bangga dengan prestasi ini. Target kita selanjutnya adalah beprestasi tinggi di Piala Dunia U17 Meksiko tahun depan. Korea Utara kini benar – benar memiliki masa depan cerah di sepakbola. Kami tidak takut menghadapi siapapun,” ungkap Ri Song Ho.

Pujian juga datang dari Presiden AFC Mohammed Bin Hammam. Pria asal Qatar ini bangga dengan kemajuan pesat yang ditunjukkan oleh Korea Utara.

“ Saya ucapkan selamat kepada Korea Utara. Mereka kembali membuktikan bahwa dengan melakukan pembinaan pemain muda yang serius, prestasi bisa diraih,” kata Hammam.

Selain melontarkan pujian kepada timnas U16 Korea Utara, Hammam juga senang dengan atmosfer AFC U16 Championship 2010 di Uzbekistan. Lebih dari 220 ribu penonton membanjiri stadion Pakhtakor dan Jar dalam 31 pertandingan yang dihelat di sana. Terakhir, Hammam berharap empat wakil Asia, Uzbekistan, Korea Utara, Jepang dan Australia bisa meraih prestasi tinggi di Piala Dunia U17 2011 Meksiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar