Rabu, 01 September 2010

Stadion Manahan Solo Sudah Disterilkan

Kota Solo siap menyambut gelaran AFF U-16 Championship 2010, 20-28 September mendatang. Untuk even bergengsi yang menjadi kalender dua tahunan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) ini, jajaran Pemerintah Kota Solo, Pengprov PSSI Jateng maupun unsur pengamanan dari Mapolda Jateng bahu membahu dan bersinergi untuk menyukseskan kejuaraan yang diikuti timnas U-16 Indonesia, Cina, Vietnam dan Timor Leste.

"Sinergi dengan seluruh institusi atau intansi terkait inilah yang terus kita jalin," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Pusat AFF U-16 Championship Petri Octavianus, Kamis (2/9).

Petri Octavianus mengakui sangat senang jika akhirnya even AFF U-16 Championship ini diselenggarakan di Solo. Ini karena Solo dikenal sebagai salah satu "kota sepakbola", mengingat antusiasme warganya untuk menyaksikan setiap pertandingan sepakbola berkualitas. Disamping itu, warga Solo juga dikenal ramah. Pergelaran AFF U-16 Championship ini sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan promosi kota Solo ke mancanegara.

Rabu dan Kamis, Petri Octavianus dengan didampingi anggota panpel David Hutagaol untuk kesekian kalinya melakukan peninjauan ke berbagai sarana dan prasarana yang akan dipergunakan untuk AFF U-16 Championship ini, baik venues pertandingan, stadion atau lapangan latihan, serta hotel-hotel bagi para tim peserta, utusan AFF, peninjau dan jajaran panitia.

Terkait dengan venues, Stadion Manahan sudah disterilkan dan sangat siap memanggungkan rangkain pertandingan AFF U-16 Championship. Petri Octaviosnus mengakui puas dengan persiapan dan kesiapan jajaran panitia lokal di Solo yang dipimpin oleh Paulus Haryoto, termasuk dengan beberapa pembenahan yang dilakukan pengelola stadion agar terlihat lebih menarik.

Satu-satunya yang agak mengganjal dari lingkungan stadion adalah tempat duduk untuk pemain cadangan atau bench, yang masih standar lokal. Untuk itu, panpel AFF U-16 Championship kemungkinan akan meminjam bench milik Stadion Maguwoharjo di Magelang, yang dinilai lebih refresentatif.

Untuk AFF U-16 Championship ini seluruh pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Manahan. Sementara, Stadion Sriwedari dan lapangan Kota Barat dimanfaatkan untuk tempat latihan bagi keempat tim peserta.

"Stadion Sriwedari bisa dipergunakan bagi tim yang ingin latihan tertutup, sebab dipagari tembok tinggi," jelas Petri Octavianus.

Menyangkut hotel, Petyri Octavianus menyebutkan, ata tiga hotel yang dipergunakan. Yakni, Agas International untuk timnas U-16 Indonesia, Cina dan panitia pelaksana, hotel Grand Setia Kawan untuk tim Vietnam dan Timor Leste, sementara Solo Inn untuk ofisial dan utusan AFF.

Kecuali timnas U-16 Indonesia yang kemungkinan besar sudah memasuki Solo pada 14 September, tiga tim peserta lainnya baru akan tiba antara 18 dan 19 September.

"Kedatangan mereka menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang tersedia," jelas Petri Octavianus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar