Senin, 18 Oktober 2010

SILIPIO Jadikan Informasi LPI Mudah Diakses

Penyebaran informasi di dunia sepakbola sedemikian cepat. Dari hal kecil hingga sesuatu yang bernilai besar menjadi incaran para penggila berat sepakbola. Berbagai media pun mereka gunakan untuk memenuhi kehausan akan informasi yang diinginkan. Inilah dampak dari globalisasi di dunia sepakbola. 

Sejenak kita tengok kondisi yang terjadi di tanah air. Untuk mendapatkan informasi caps dan gol seorang pemain nasional pun kadang kita cukup kesulitan. Belum ada satu media yang bisa menyajikan secara utuh dan akurat tentang informasi tersebut. Pun juga terjadi pada kompetisi sepakbola di Indonesia yang kini mulai menapak ke arah professional. Sayangnya, kurang dibarengi dengan sebuah sistem informasi yang handal untuk mendukung kemajuan hal tersebut. 

Berkaca dari fakta yang terjadi seperti itu, Kepanitiaan Nasional Liga Pendidikan Indonesia, mencoba mengisi kekosongan yang selama ini terjadi. Mulai musim keduanya, LPI akan meluncurkan Sistem Informasi Liga Pendidikan Indonesia (SILIPIO) berbasis IT. 

“ Ada dua hal yang menjadi kekuatan adanya SILIPIO ini. Kita akan memiliki database management system (DBMS) yang tangguh bagi internal kita dan juga menjadi sumber informasi yang lengkap, cepat dan akurat bagi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia,” jelas Edhi Prasetyo, Sekretaris Liga Pendidikan Indonesia, Senin (18/10) di Jakarta. 

Kendala yang selama ini terdapat dalam sebuah sistem informasi adalah updating data. Hal ini sudah juga diantisipasi, dalam SILIPIO ini terdapat aplikasi user-friendly yang bisa digunakan untuk menginput dan mengupdate seluruh data. 

Aplikasi yang sudah disosialisasikan kepada 33 provinsi tersebut, bisa digunakan oleh seluruh Panitia Liga Pendidikan Indonesia mulai Tingkat Kabupaten/Kota hingga ke Tingkat Nasional. Semua data yang dimasukkan terintegrasi dalam DBMS yang bisa diakses oleh semua pihak yang berkepentingan dengan control tetap dari Kepanitiaan Nasional. 

“ Panitia Liga Pendidikan Indonesia Kabupaten/Kota maupun Provinsi dapat menginput seluruh kegiatan LPI mulai dari pendaftaran, laporan pertandingan, statistik hingga laporan pemanduan bakat. Beberapa data yang sudah diolah dan difilterisasi akan tersaji menjadi informasi yang lengkap dalam website www.ligapendidikan.com,” kata Edhi Prasetyo. 

" Sisi positif lainnya, para Pemandu Bakat, Agen Pemain ataupun Klub yang mengincar Pemain Muda, bisa melihat catatan dan riwayat bermain mereka secara lengkap di SILIPIO, sebagai salah satu bentuk penyajian Passport Pemain yang transparan, sesuai regulasi FIFA" imbuh Edhi.

Jadi, seluruh pecinta sepakbola di Indonesia dapat mengakses beragam informasi dari mulai data individu pemain, statistik pemain dan pertandingan hingga multimedia hanya dengan mengklik www.ligapendidikan.com. Saat ini, website tersebut masih dalam pengembangan, dan siap tayang secara utuh dalam waktu dekat ini. 

“ Liga Pendidikan Indonesia memang harus menjadi pionir dalam penerapan system informasi berbasis IT yang handal. Karena kita tidak hanya membina pemain sepakbola, namun juga meningkatkan karakter bangsa, kecerdasan dan iptek mutakhir dalam sepakbola,” ungkap Prof Toho Cholik Mutohir, Ketua Panitia Nasional LPI. 

Terkait Sumber Daya Manusia yang menggunakan sistem ini, Kepanitiaan Nasional LPI sudah melakukan Workshop di 33 provinsi yang diikuti oleh para Panitia dari seluruh daerah. Sebagian dari mereka sudah mulai menggunakan aplikasi pendaftaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar