Senin, 27 September 2010

Timor Leste Raih Peringkat Ketiga

Timnas U-16 Indonesia harus puas berada di posisi buncit dalam AFF U-16 Championship 2010. Dalam perebutan tempat ketiga yang b erlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9), tim asuhan pelatih Mundari Karya ini menyerah 0-2 dari Timor Leste. Gol kemenangan Timor Leste dicetak oleh Fidel Santos menit ke-50 dan Rogerio Seran pada menit ke-56.

Meski bermodal kemenangan 1-0 pada pertemuan pertama, kali ini skuad muda Merah Putih menghadapi tembok yang tebal dari Timor Leste. Pressing ketat dari lawan membuat Antoni Nugroho dkk kesulitan mengembangkan permainan. Buntutnya, mereka sering melakukan kesalahan sendiri di lapangan.

Sebaliknya dengan Timor Leste, mereka tampil sangat lugas dan disiplin. Terlihat semangat permainan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertandingan selanjutnya.

“ Keikutsertaan kami di turnamen ini adalah untuk persiapan AFC U-16 Championship 2010, jadi kami tidak terlalu mementingkan hasil pertandingan. Namun, khusus untuk Indonesia kami punya motivasi yang lain. Harapan utama kami mengalahkan Indonesia akhirnya kesampaian. Ini membuat kami sangat puas,” tegas Neylo Isaac, manajer Timor Leste.

Dari sisi teknis, pelatih Timor Leste asal Korea Selatan, Kim Shin Hwan, mengaku senang dengan hasil ini. Namun, ia menilai anak asuhnya masih belum menunjukkan performa yang diinginkannya.

“ Anda lihat saya sering marah kepada pemain saya. Penampilan mereka saat ini masih di bawah dengan sebelum mengikuti turnamen ini. Fisik dan stamina pemain pun masih harus mendapat perbaikan jelang pergi ke Uzbekistan,” papar Kim yang bisa berbahasa Indonesia walau dengan terbata bata.

Sementara itu, Mundari Karya mengakui ada kelemahan dalam hal mental dan stamina pada tim asuhannya. Hal ini bahkan sempat diutarakannya jelang mengikuti turnamen AFF U-16 Championship 2010 ini.

“ Dengan persiapan yang masih minim memang membuat kita sulit berbuat banyak dalam turnamen ini. Seperti saya katakana sebelumnya, kondisi stamina dan fisik tim ini masih belum siap. Mereka kecapaian mengikuti empat pertandingan dalam tujuh hari. Padahal upaya merotasi pemain pun sudah dilakukan, namun dengan kondisi yang ada memang menjadi sulit,” ungkap Mundari Karya.

Lebih lanjut, Mundari mengaku telah memiliki banyak catatan untuk segera diperbaiki dalam sisa persiapan jelang ke Uzbekistan. Besok, Ia akan memboyong anak asuhnya mengikuti Training Center di Batu, Malang, Jawa TImur. Selain menggelar TC, Mundari berharap PSSI bisa memfasilitasi timnya dengan dua kali uji coba internasional lagi, entah di Indonesia maupun di Uzbekistan.

Timor Leste: Ramos Maxanches (GK), Olandino De Jesus, Nelson Sing, Jose Carlos Fonseca, Nicolau Fernandes (cpt) (Fidel, 46th), Nidio Alves, Rifqi Attamimi (Rogerio, 46th), Adelino Reis, Olegario de Araujo, Jorge Victor, Jose Martins Do Rego (Nataniel, 82nd).
Subs:
Fagio Pereira (GK), Marcus Gusmao, Rogerio Seran, Fidel de Araujo, Nidio Neto, Nataniel Reis, Fagio Pereira, Jose Maria Oliveira, Filipe Oliveira.
Coach: Kim Shin Hwan
Pencetak Gol: Fidel Santos (50"), Rogerio Seran (56")
Kartu Kuning: Jose Fonseca, Nidiq Alves

Indonesia: Achmad Risky Kurniawan (GK), Hendriko Kiko Masko, Haniel Pagawak, Ricky Alfian, Antoni Putro Nugroho, Ricki Bardes Leurama, Reynaldy Junior Alfiansyah (Abdul Mutoleb, 40th), Purwa Putra (cpt), Firmansyah Priyatna, Angga Febryanto Putra (Maldini, 46th, Hadi 58th), Dhomas Adhitya. Subs: Nursanjaya (GK), Abdul Mutoleb, Arief Gangsar Patar, Robin Bagus Febrian, Hadi Wibowo, Dwi Yusop Purnomo, Maldini, Jupriyanto.
Coach: Mundari Karya
Kartu Kuning: Antoni Nugroho Red: nil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar