Sabtu, 25 September 2010

Jaga Harga Diri Lawan Timor Leste!


Tugas Timnas U-16 di AFF U-16 Championship 2010 belum selesai. Mereka akan kembali bertanding memperebutkan peringkat ketiga menghadapi Timor Leste, Minggu (26/9) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Pertandingan ini akan dilaksanakan mulai pukul 15:30 WIB sebelum digelar grand final antara China melawan Vietnam.

Meski sudah kehilangan kesempatan merebut gelar juara, tim asuhan pelatih Mundari Karya ini akan tetap serius menjalani laga melawan Timor Leste. Paling tidak, pertandingan ini sangat berharga untuk menambah jam terbang Antoni Nugroho dkk pada pertandingan internasional.

“ Kita harap, para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat melawan Timor Leste. Mereka sudah banyak belajar pada tiga pertandingan sebelumnya. Jelas terlihat, anak-anak punya potensi yang bagus, namun masih lemah dalam mental bertandingnya,” ungkap Mundari Karya.

Saat Indonesia ketinggalan 0-2 dan mampu memperkecil kedudukan jadi 1-2 melawan China, dinilai Mundari Karya sebagai penampilan terbaik anak asuhnya. Para pemain mampu memperlihatkan determinasi tinggi, berani berduel dan percaya diri dalam menguasai bola. Namun, begitu kebobolan lagi, mental mereka kembali down sehingga performa pun kembali menurun.

Mundari menjelaskan, hal ini terjadi karena mereka memang masih minim jam terbang internasional. Padahal, sebenarnya kualitas mereka tidak kalah jauh dengan Vietnam ataupun China sekalipun.

“ Inilah uji coba internasional sebenarnya bagi pemain. Laga lawan Timor Leste terlalu sayang untuk dilewatkan. Semoga hasil bagus lawan Timor Leste bisa mejadi modal berharga sebelum berangkat ke Tashkent, Uzbekistan,” papar Mundari.

Secara permainan, Mundari mengakui adanya peningkatan yang diperlihatkan oleh Timor Leste dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Namun, hal itu tidak membuatnya terlalu berhati – hati dalam menerapkan strategi. Ia tetap menginstruksikan untuk menyerang dan berharap Timor Leste pun melakukan hal yang serupa.

Sementara itu, kubu Timor Leste mengaku senang kembali bertemu Indonesia di perebutan tempat ketiga. Pertemuan dengan Indonesia dinilai lebih memberikan prestise bagi mereka.

“ Penampilan kami tengah menanjak, terutama dengan kemenangan atas Vietnam. Kita semakin optimis mampu merebut peringkat ketiga dengan mengalahkan Indonesia, lawan yang memang kami kehendaki sebelumnya,” ungkap Neylo Isaac, Manajer Timnas U-16 Timor Leste.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar