Selasa, 21 September 2010

Indonesia Tekuk Timor Leste 1-0

Timnas U-16 Indonesia mampu melewati ujian berat di laga perdana AFF U-16 Championship 2010 dengan kemenangan. Tim asuhan pelatih Mundari Karya ini berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor tipis 1-0 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/9). Gol tunggal Indonesia diciptakan oleh pemain bernomor punggung 8, Antoni Putro Nugroho, pada masa injury time babak kedua.

Kemenangan yang diraih Indonesia kali ini harus dilewati dengan perjuangan yang sangat keras. Pasalnya, Timor Leste mampu menyajikan permainan yang cukup ngotot. Bahkan, mereka sempat memberikan tekanan yang cukup membahayakan kubu Indonesia.

“ Alhamdulillah kita akhirnya berhasil meraih kemenangan di laga perdana. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pasoepati yang begitu luar biasa dalam mendukung perjuangan kita,” kata Mundari Karya, usai pertandingan.

Mundari menambahkan, permainan anak asuhnya memang belum sempurna. Namun, mereka mampu menjalankan taktik dan strategi dengan baik.

“ Kelebihan tim ini memang pada counter attack dan umpan – umpan crossing yang berbahaya. Dan, gol yang diciptakan Antoni bermula dari counter attack dari sayap kiri,” ungkap Mundari.

Hasil ini meningkatkan moral bertanding pemain Indonesia menghadapi laga berikutnya. Mundari menilai, kekompakan pertahanan menjadi satu PR yang akan dibenahi sebelum berhadapan dengan Vietnam. Pasalnya, beberapa kali pertahanan Indonesia mampu ditembus oleh serangan Timor Leste.

Di sisi lain, kubu Timor Leste tidak terlalu kecewa dengan kekalahan tersebut. Mereka justru senang dengan penampilan pemainnya yang cukup merepotkan Indonesia.

“ Tujuan kami di sini bukan mencari hasil kemenangan saja. Tapi lebih kepada menunjukkan permainan yang bagus. Selamat untuk Indonesia, tim sepakbola anda memang masih lebih baik dari kami yang masih dalam tahap membangun,” ungkap Neylo Isaac, Manajer Timor Leste.

Hanya ada satu kekecewaan yang diutarakan Timor Leste. Mereka menyayangkan kepemimpinan wasit yang dianggap kurang baik.

“ Bukan berarti berat sebelah, tapi cara mempimpinnya kurang pas untuk kelompok usia 16 tahun. Gaya seperti itu hanya cocok untuk pertandingan tim senior,” tegas Isaac.

Sementara itu, timnas U-16 Vietnam membuat kejutan dengan menundukkan tim favorit China 1-0 pada laga yang digelar sebelumnya. Tim Cina berkilah bahwa kekalahan ini akibat kondisi fisik pemain belum fit sepenuhnya. Mereka masih kelelahan usai perjalanan panjang dari Cina dan mengeluhkan suhu kota Solo yang cukup panas.

Saat ini, Vietnam dan Indonesia sama-sama memimpin klasemen sementara dengan nilai 3. Disusul oleh Cina dan Timor Leste. Laga berikutnya akan berlangsung Rabu (22/9) yang akan mempertemukan antara Cina vs Timor Leste dan Indonesia vs Vietnam.

Indonesia vs Timor Leste (1-0)

Indonesia: Achmad Risky Kurniawan (GK), Hendriko Kiko Masko, Wanda Syahputra, Arief Gangsar Patar (Dhomas), Ricky Alfian, Antoni Putro Nugroho, Ricki Bardes Leurama (Robin), Reynaldy Junior Alfiansyah, Purwa Putra, Dwi Yusop Purnomo, Angga Febryanto Putra,
Cadangan: Nursanjaya, Abdul Mutoleb, Haniel Pagawak, Robin Bagus Febrian, Hadi Wibowo, Maldini, Dhomas Adhitya, Jupriyanto, Firmansyah Priyatna.
Coach: Mundari Karya

Pencetak gol:
Antoni Putra (91)
Kartu Kuning: Reynaldy (47th), Purwa (62nd), Dhomas (69th)


Timor Leste: Ramos Maxanches (GK), Raimundo Sarmento, Marcus Gusmao, Nelson Sing, Jose Carlos Fonseca, Nicolau Fernandes, Nidio Alves, Rogerio Seran, Fidel de Araujo, Adelino Reis, Olegario de Araujo.
Cadangan: Olandino De Jesus, Rifqi Attamimi, Nidio Neto, Nataniel Reis, Fagio Pereira, Jose Maria Oliveira, Jorge Victor, Jose Martins Do Rego, Filipe Oliveira.
Coach: Kim Shin Hwan
Kartu Kuning: Adelino (7th), Nelson Sing (19th), Nidio (42nd), Rogerio (50th), Nicolau (54th)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar