Sabtu, 21 Agustus 2010

BLAI Masih Gelar Turnamen U-18 & U-15

Ramadhan agaknya tidak mengurangi kesibukan dua pengelola kompetisi sepakbola di tanah air, yakni PT Liga Indonesia dan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI). PT Liga Indonesia tengah mempersiapkan pergelaran kompetisi Liga Super dan Divisi Utama, serta elemen pendukungnya seperti kompetisi U21. Sementara, Badan Liga Amatir Indonesia tengah merancang pelaksanaan kompetisi Divisi I, serta lanjuitan Divisi II dan Divisi III.

BLAI PSSI juga masih harus menyelenggarakan dua kompetisi liga remaja. yakni U-18 Piala Suratin dan U-15 Piala Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora). Kompetisi Divisi I sudah pasti akan berputar mulai 26 September, atau dua pekan setelah Idul Fitri.

BLAI memperkirakan, pekan ketiga Septmber itu sudah bisa pula mementaskan lanjutan pertandingan putaran II Divisi II, serta putaran regional Divisi III, pertandingan lanjutan penyisihan sub-grup Piala Suratin U-18 dan babak lanjutan Piala Menegpora U-15.

"Kompetisi U-18 Piala Suratin dan Piala Menegpora U-15 masih menjadi tanggung-jawab BLAI. Kalau pun Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM) akan menggelar kompetisi kelompok umur yang sama, saya kira tidak masalah," kata Ketua BLAI PSSI Iwan Budianto, Sabtu (21/8).

Iwan Budianto menyatakan, BLAI dan BPPUM tetap bisa saling mendukung dalam menggelar kompetisi usia muda. Semakin banyak kompetisi tentunya semakin baik, asalkan mekanisme dan out-put-nya jelas. Untuk kompetisi Piala Suratin U-18, misalnya, peserta kompetisi U-18 BLAI adalah wakil dari klub, sedangkan peserta kompetisi BPPUM adalah wakil perserikatan.

"Asal aturannya jelas, tentunya tim-tim peserta juga akan senang, sebab mereka bisa berkompetisi dengann jenjang yang jelas," tegas Iwan Budianto, yang juga asisten manajer timnas senior Indonesia, yang dipersiapkan ke AFF Championship 2010.

Kompetisi liga remaja Piala Suratin U-18 untuk tahun 2010 sebenarnya sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu, berupa pertandingan babak kualifikasi di tingkat daerah untuk menentukan wakil ke putaran pertama tingkat regional, yang seluruhnya akan melibatkan 68 tim dan terbagi atas 14 grup berdasarkan zone atau kewilayahan.

Rangkaian pertandingan penyisihan daerah ini belum lagi rampung, dan baru sebagian daerah yang sudah memperoleh wakilnya. Tim-tim yang lolos dari penyisihan daerah diantaranya adalah PSMS yr, Semen Padang yr, Medan United FC, Persepak FC, PS Batanghari, Persebel Belitung, PS Biak, PS Tanggamus, PS Persebutara, PS Belitung Timur, PSPS Pekanbaru, Persikomet, Persaman, Persija Pusat, Persikab Kab Bandung, PSIS Semarang, PSS Sleman, Villa 2000, PSB Bogor, Persis Solo, PSIM Yogyakarta, Perseban Banjarmasin, Persemas FC, Persepar Palangkaraya, PSM Makassar, Luwu Utara, Perseden Denpasar, Tabanan, Persi Otim, Persisum.

Sementara itu, untuk liga remaja Piala Menegpora U-15, penyisihan di tingkat daerah sebagian besar sudah diselesaikan. BLAI mash menunggu akumulasi hasil dari babak penyisihan daeha dan bersiap menyusun jadwal untuk tingkat wilayah, serta kemudian nasional.

Liga remaja Piala Menegpora ini sekian lama disponsori oleh PT Indofood Sukses Makmur melalui produknya, Bogasari, sehingga sempat populer dengan sebutan Liga Bogasari. Ketika kemitraan dengan Bogasari terhenti, PSSI sejak tahun 2006 memperroleh dukungan dari Medco yang memnberikan pendanaan mulai persaingan tingkat nasional

"Untuk tahun 2010 ini belum ada komitmen dari Medco," kata Iwan Budianto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar